Islami, Unggul, Berkarakter & Berbudaya.
SMK Muhammadiyah Gamping adalah lembaga pendidikan kejuruan yang berkomitmen untuk memberikan layanan pendidikan bermutu dengan pendekatan keislaman. Berdiri sejak tahun 2008-08-19, sekolah ini telah menjadi tempat berkembangnya potensi dan keterampilan peserta didik dalam berbagai bidang kejuruan.
Islami, Unggul, Berkarakter & Berbudaya.
Sejarah
SMK Muhammadiyah Gamping, didirikan pada tahun 2008-08-19 oleh tokoh-tokoh Muhammadiyah. Sejak awal, sekolah ini berkomitmen menyediakan pendidikan kejuruan berbasis Islam. Dengan waktu, fasilitas dan kurikulum diperluas, menghasilkan prestasi di berbagai kompetisi kejuruan. Motto "Berilmu, Berkarakter, Berprestasi, Berdaya Saing" mencerminkan semangat sekolah dalam membentuk peserta didik yang siap bersaing di dunia kerja.
Visi dan Misi
Visi Sekolah
Visi yang dimiliki SMK Muhammadiyah Gamping diturunkan dari tujuan nasional Pendidikan di Indonesia, yang tercantum pada Undang – Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2013 dan Muhammadiyah. Adapun visi SMK Muhammadiyah Gamping adalah sebagai berikut: “Mewujudkan lulusan yang Islami, Unggul, Berkarakter dan Berbudaya”.
Misi Sekolah
Misi SMK Muhammadiyah Gamping ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi SMK Muhammadiyah Gamping dan Profil Pelajar Pancasila. Elemen visi SMK Muhammadiyah Gamping yaitu islami, unggul, berkarakter dan berbudaya. Empat misi SMK Muhammadiyah Gamping adalah sebagai berikut: 1. Membudayakan nilai – nilai Islam sebagai sendi/dasar dalam proses pendidikan sesuai dengan Al Qur'an dan As sunah; Representasi dari: o Visi “Islami” o Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia”. 2. Meningkatkan kompetensi lulusan untuk siap berkompetisi di Dunia Industri; Representasi dari: o Visi “Unggul” o Elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri, Kreatif dan Bernalar kritis”. 3. Membudayakan Penguatan Pendidikan karakter; Representasi dari: o Visi “Berkarakter” o Elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, Bergotong-royong”. 4. Mengaktualisasikan nilai budaya lokal dalam sendi - sendi pendidikan. Representasi dari: o Visi “Berbudaya” o Elemen Profil Pelajar Pancasila “Berkebinekaan global”.